Cara Mengukur Karpet Lantai

Cara Mengukur Karpet Lantai

Untuk menghindari kurangnya bahan saat membeli karpet, Anda membutuhkan tips tentang cara mengukur karpet lantai dengan baik dan benar. Sebenarnya tidak ada teknik khusus yang dibutuhkan untuk menghitung jumlah karpet yang kita butuhkan. Sama sepeti cara yang digunakan untuk mengukur kebutuhan material lantai lainnya, pertama kita harus menghitung luas ruangan yang akan kita alasi dengan karpet.

Untuk memudahkan pemahaman Anda tentang bagaimana cara mengukur karpet, kita akan membahas langkahnya satu persatu dimulai dari contoh ruangan yang paling sederhana :

cara mengukur karpet lantai sederhana

 

Pada ruangan tersebut terlihat bahwa ruangan memiliki panjang 8 meter dan lebar 6 meter. Maka dengan menggunakan rumus matematika untuk menentukan luas yaitu panjang dikali lebar, kita akan mendapatkan bahwa luas ruangan adalah 8 meter x 6 meter yaitu 48 meter persegi.

Kita akan melanjutkan ke contoh ruangan yang lebih kompleks apabila Anda sudah dapat memahami perhitungan luas ruangan diatas. Berikut ini adalah contoh ruangan yang lebih rumit :

cara mengukur karpet lantai rumit

 

Cara mengukur karpet lantai untuk ruangan diatas sedikit lebih sulit. Sama halnya dengan ruangan pertama, kita perlu menghitung luas ruangan kedua dengan cara memisah ruangan menjadi bentuk bentuk yang lebih sederhana untuk kemudian dijumlahkan dan mendapatkan hasil akhir. Berikut adalah contoh pemisahan ruangan yang dimaksud :

cara mengukur karpet lantai

 

Setelah memisahkan ruangan menjadi tiga bagian, kita hanya tinggal menghitung luas bagian secara terpisah untuk kemudian dijumlahkan agar mendapatkan luas ruangan secara utuh. Bidang paling atas memiliki panjang 8 meter dan lebar 2 meter, maka luasnya adalah 16 meter persegi. Bidang tengan memilki panjang 8 meter + 1 meter yaitu 9 meter dan lebar 2 meter, maka luasnya adalah 18 meter persegi. Bagian paling bawah memiliki panjang 12 meter dan lebar 2 meter, maka luasnya adalah 24 meter persegi. Jadi total dari ketiga bagian tersebut adalah 16 m2 + 18 m2 + 24 m2 yaitu 58 meter persegi.

Setelah berhasil menghitung luas, selanjutnya kita hanya perlu menghitung jumlah karpet yang akan digunakan. Sebelum menghitung jumlah karpet sebaiknya kita melebihkan luas ruangan sebanyak 5% sebelum menghitung jumlah karpet yang dibutuhkan. Ruangan pertama memiliki luas 48 meter persegi dan 5% dari 48 meter persegi adalah 2,4 meter persegi. Luas ruangan pertama setelah ditambah 5% adalah 48 + 2,4 = 50,4 meter persegi. Ruangan kedua memiliki luas 58 meter persegi dan 5% dari 58 meter persegi adalah 2,9 meter persegi. Luas ruangan kedua setelah ditambah 5% adalah 58 + 2,9 = 60,9 meter persegi.

Untuk mengitung kebutuhan karpet roll, Anda harus membagi luas ruangan dengan 4. Hal ini dikarenakan pada karpet gulungan, lebar karpet adalah 4 meter dan Anda hanya dapat menetukan panjang karpet yang Anda beli. Panjang karpet yang dibeli biasa disebut dengan meter lari, jadi misalkan Anda membeli 7 meter lari, maka yang Anda dapatkan adalah karpet dengan ukuran panjang 7 meter dan lebar 4 meter. Untuk ruangan pertama, karpet yang dibutuhkan adalah 50,4 / 4 = 12,6 dan setelah dibulatkan keatas menjadi 13 meter lari. Untuk ruangan kedua, karpet yang dibutuhkan adalah 60,9 / 4 = 15,225 dan setelah dibulatkan keatas menjadi 16 meter lari.

Untuk karpet pameran, teknik mengitung sama dengan karpet roll, hanya saja Anda harus membagi ruangan dengan 2 bukan 4. Hal ini dikarenakan lebar karpet pameran adalah 2 meter bukan 4 meter. Dan untuk karpet gulungan, Anda harus membagi luas ruangan dengan 5 atau 6 tergantung dari isi dari box karpet tile. Hal ini dikarenakan ada beberapa merk karpet tile yang berisi 5 meter persegi dalam satu box, dan ada beberapa yang berisi 6 meter persegi dalam satu box.

Untuk lebih memahami tentang bagaimana cara mengukur karpet lantai, Anda dapat berkonsultasi dengan kami terlebih dahulu. Anda juga dapat meminta kami melakukan survey gratis ke lokasi Anda. Jika Anda ingin mendapatkan informasi lebih jelas, silahkan hubungi Decorindo Perkasa. Terimakasih

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Online Catalog from Decorindo Perkasa | All Image in This Online Katalog is Under License & Not For Share.